Bravo, Melawan Covid, Caca Juara Pertama Lomba Bercerita Tingkat Kaltim 2020

Caca, itulah panggilan akrabnya. Dengan nama asli Tsaltsa Anin Nur Humaira(10). Anak pasangan dari Bapak Murhadi dan Ibu Mulayyah. Siswi kelas V SD IT Yabis Bontang ini memiliki hobi main basket, berenang dan membaca buku. Pantas saja dapat mengantarkan keberhasilan caca menjadi Juara I dalam Lomba Bercerita Tingkat Kalimantan Timur di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Provinsi Kaltim (15/7).

Sebelum menuju ke tingkat provinsi, seleksi lomba pada awalnya dilaksanakan pada minggu pertama di bulan April terpaksa di tiadakan sebab penyebaran Covid-19. Kemudian disusul dengan rasionalisasi anggaran kegiatan terkait bencana wabah tersebut yang mengharuskan kegiatan seleksi lomba ini untuk tidak dilaksanakan alias ditiadakan.

Namun ternyata terdapat edaran dari DPKD Kaltim berkaitan lomba tersebut tetap dilaksanakan dan menghimbau kabupaten kota untuk mengirimkan perwakilannya. Diinisiasi DPK Bontang maka dilakukan seleksi Lomba Bercerita pada beberapa sekolah dengan memperhatikan prestasi beberapa sekolah pada tahun-tahun sebelumnya diajang yang sama. Adapun hadiah uang pembinaan yang diberikan kepada peserta merupakan swadana secara mandiri dari Kadis DPK Bontang.

Caca yang bercita- cita menjadi Dokter mendapatkan Juara 1 mengalahkan Azwan dari Paser Tanah grogot di susul posisi ke tiga Naura dari Penajam. Sebelumnya Caca pernah Juara 2 Lomba PILDACIL FASI(2019) dan Juara 1 Lomba Menghapal Warna(2020). Ternyata selain belajar, Caca juga aktif di Ekstrakulikuler  PMR(Palang Merah Remaja).

Wabah Covid ternyata tidak menyurutkan pelajar Kota Bontang untuk terus berprestasi. Terbukti ditengah pandemi yang masih menyebar di tengah masyarakat tidak terkecuali Kota Bontang. Yang tidak kalah penting adalah peran serta sekolah dan dukungan orang tua. Sebelum bertolak ke Samarinda, peserta perwakilan Bontang bersama Kadis DPK sowan ke Walikota untuk minta restu demi kelancaran kegiatan tersebut. Dukungan Walikota Bontang yang sangat mendukung dalam memberikan semangat kepada caca berupa doa, nasihat, handsanitizer serta uang saku kepada ananda sehingga tampil maksimal di ajang lomba tersebut

Selamat Caca atas Prestasinya dalam mengharumkan nama Bontang. Salam Literasi Bontang Jago.

About The Author

Related posts