Pantang Surut Melawan Corona, Kelurahan Berbas Pantai Runner Up Perpustakaan Kelurahan Se Kalimantan Timur

Di tengah krisis pandemik yang sedang melanda dunia tidak terkecuali Kota Bontang. Perpustakaan Kelurahan Berbas Pantai tak luput dari torehan prestasi sebagai runner up perpustakaan terbaik ke 2 tingkat kelurahan se Kalimantan Timur Tahun 2020.

Bukan perkara mudah melakukan pembinaan secara terus menerus dibawah wabah yang tengah merebak. Banyak protokol-protokol yang harus dilewati. Namun demikian pembinaan perpustakaan kelurahan ini bukan suatu yang instan, melainkan telah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum virus corona – 19 menyebar serta tanpa menunggu lomba sejenis ini dilaksanakan.

Dibawah binaan Kasi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan dan Koleksi Budaya Etnis, Hj. Heldarina, SE,M.Si, perpustakaan kelurahan menjadi salah satu titik vital binaan yang dilaksanakan secara intensif sejak Tahun 2016 silam. Dimana membentuk pola yang tertata membutuhkan kerjasama semua pihak, apalagi pembinaan perpustakaan ini melekat pada instansi yang melayani masyarakat secara langsung. Artinya membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya atau minimal terlatih mengelola perpustakaan serta sarana prasana yang tersedia.

Terobosan yang berjalan adalah dengan memposisikan staf pengelola perpustakaan dibawah naungan  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan di 15 Kelurahan yang ada di Bontang kecuali yang telah memiliki petugas pengelola perpustakaan sendiri. Hal ini dilakukan untuk menjaga dan membentuk pola yang konstan dan berkesinambungan melalui SDM yang diturunkan ke lapangan.

Selain itu juga evaluasi dan monitoring telah dilaksanakan secara terjadwal. Perpustakaan Kelurahan Berbas Pantai meski tidak menempati posisi pertama dan harus berpuas diri sebagai runner up, hal ini menambah rekor panjang prestasi perpustakaan kelurahan yang ada di Kota Taman.

Sebagaimana diketahui  Tahun 2017 Perpustakaan Mercusuar Kelurahan Loktuan Kota Bontang tercatat sebagai Juara I tingkat Kalimantan Timur, disusul tahun 2018 Perpustakaan Cerdas Berilmu Kelurahan Belimbing berhasil mempertahankan posisi pertama. Kemudian di Tahun 2019 sempat mengalami penurunan ke posisi 3 melalui Perpustakaan Cerdas Etam Kelurahan Guntung. Dan Bontang kembali merangkak naik ke posisi 2 pada Tahun 2020 melalui Perpustakaan binaan Kelurahan Berbas Pantai.

 

About The Author

Related posts