Select your Top Menu from wp menus

Penghargaan GAGAS 2023

Bontang 12 November 2023, Dalam rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bontang yang ke-24, acara malam penghargaan menjadi momen istimewa bagi para pemenang Lomba GAGAS 2023. Momen pemberian penghargaan yang diadakan di Pendopo Rumah Jabatan Wali Kota Bontang, para pemenang telah diumumkan dan diberikan penghargaan secara langsung oleh Wali Kota Bontang, Basri Rase. Acara malam penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap pencapaian yang luar biasa dalam bidang kearsipan pada Perangkat Daerah.
Lomba GAGAS adalah kompetisi yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Bontang untuk meningkatkan penataan arsip yang baik dan mampu memovitasi kemampuan Perangkat Daerah dalam tata kelola arsip yang lebih baik secara mandiri. Tahun 2023 menjadi tahun yang istimewa dengan jumlah peserta yang lebih banyak yaitu 30 Perangkat Daerah dan tingkat kompetisi yang semakin kuat.
Pengumuman pemenang GAGAS 2023 merupakan salah satu rangkain dari acara syukuran HUT ke 24 Kota Bontang yang di hadiri langsung oleh seluruh unsur FORKOPIMDA kota Bontang. Hadiah diserahkan langsung kepada para pemenang, berikut para pemenang GAGAS Tahun 2023, berikut daftar pemenang GAGAS 2023 :
1. Juara I : Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia
2. Juara II : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
3. Juara III : Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah
4. Juara Harapan I : Inspektorat Daerah
5. Juara Harapan II: Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan
6. Juara Harapan III: Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.
Kategori 10 Perangkat Daerah Terbaik dalam pengelolaan arsip.
1. Dinas Komunikasi dan Informasi
2. Sekretariat Daerah
3. Dinas Ketenagakerjaan
4. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
Basri Rase selaku Wali Kota Bontang mengatakan bahwa penghargaan tersebut bertujuan untuk memberikan pengakuan dalam mewujudkan tata kelola kearsipan pada perangkat daerah yang sesuai dengan Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK). Serta membangun komitmen bersama dalam membangun kesadaran akan pentingnya pengelolaan arsip. “Terselenggaranya penataan arsip yang baik pada perangkat daerah sesuai aturan atau standar penilaian kearsipan yang berlaku untuk menuju tata kelola pemerintahan yang baik, serta meningkatkan kemampuan dalam menemukan kembali arsip secara lebih mudah, cepat dan tepat,” urainya. Diharapkan dengan adanya “GAGAS” mampu memberikan semangat kepada tiap Perangkat Daerah untuk membenahi tata kelola kearsipan menjadi lebih baik. Sehingga, meminimalisasi risiko kerusakan ataupun kehilangan arsip sebagai memori kolektif.
Retno Febriaryanti selaku Kepala DPK Kota Bontang menjelaskan bahwa kesepuluh Perangkat Daerah yang menerima penghargaan telah melalui beberapa proses penilaian salah satunya adalah memaparkan program unggulan mereka dalam mengelola arsip, penilaian lomba tersebut terdiri dari aspek pengelolaan arsip dinamis, aspek Sumber Daya Manusia (SDM) kearsipan, aspek sarana prasarana (sapras), serta presentasi kebijakan program kearsipan dan Rencananya. Diharapkan ‘’kedepannya pengelolaan kearsipan di setiap perangkat daerah menjadi semakin baik, dan lomba GAGAS berikutnya memiliki juara-juara baru setiap tahunnya’’.

About The Author

Related posts