Pembinaan Akreditasi Perpustakaan Kota Bontang 2022

Pada hari ini Rabu, 18 Mei 2022 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bontang telah melakukan pembinaan ke perpustakaan sekolah dan perpustakaan kelurahan yang akan diusulkan dalam proses akreditasi perpustakaan. Perpustakaan yang diusulkan pada tahun 2022 ini sebanyak 17 perpustakaan (13 perpustakaan sekolah dan 4 perpustakaan umum).

Akreditasi perpustakaan adalah rangkaian kegiatan proses pengakuan formal yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional untuk menetapkan bahwa suatu perpustakaan telah memenuhi Standar Nasional Perpustakaan (SNP).

SNP sendiri adalah kriteria minimal yang digunakan sebagai acuan penyelenggaraan, pengelolaan dan pengembangan perpustakaan di wilayah hukum Negara Kesatuan RI.

Visitasi akreditasi oleh tim asesor Perpusnas, yang semula dijadwalkan tanggal 19 Mei 2022 mundur menjadi tanggal 23 Mei 2022, semoga dengan reschedule ini bisa dimanfaatkan oleh perpustakaan untuk memperbaiki kekurangan dalam kelengkapan dokumen akreditasi.

Melalui pembinaan ini diharapkan perpustakaan dapat menyelenggarakan dan mengelola perpustakaan sesuai standar sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan.