UKM-KIA_KB-Kelas Ibu Balita

Kelas Ibu balita merupakan kelas dimana para ibu yang mempunyai anak berusia 0-5 tahun secara bersama – sama berdiskusi, tukar pendapat, tukar pengalaman akan pemenuhan pelayanan kesehatan, gizi dan stimulasi pertumbuhan dan perkembangaannya dibimbing oleh fasilitator dengan menggunakan buku KIA. 

Peserta Kelas Ibu Balita adalah kelompok belajar ibu-ibu (orang tua)  yang mempunyai anak usia antara 0 – 5 tahun dengan pengelompokan usia 0-1 tahun, usia 1-2 tahun, usia 2-5 tahun. Peserta kelompok belajar terbatas, paling banyak 15 orang. Proses belajar dibantu oleh bidan yang memahami bagaimana teknis pelaksanaan Kelas Ibu Balita, dan narasumber terkait dengan materi tentang ASI Eksklusif, MP-ASI, Gizi seimbang, Pertumbuhan dan Perkembangan anak, Imunisasi, Penyakit terbanyak pada anak, Perawatan gigi pada anak, Pencegahan kecelakaan pada anak, Obat Pertolongan pada anak, Permainan anak dan  Perilaku hidup bersih dan sehat.

Kegiatan kelas balita ini dilakukan di posyandu dan sekolah PAUD (TK, SPS, RA, KB) yang ada di Wilayah Puskesmas Bontang Lestari rutin setiap bulan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Kelas Ibu Balita merupakan salah satu upaya promotif di bidang kesehatan yang terus dilakukan oleh Puskesmas Bontang Lestari untuk peningkatan pengetahuan mengenai kesehatan anak balita. Kegiatan ini dikoordinir oleh program Kesehatan Anak yang bekerja sama dengan fasilitator (dokter, dokter gigi, bidan, perawat, petugas gizi, promkes, kesling), guru PAUD dan kader kesehatan mengadakan kegiatan Kelas Ibu Balita. Adapun tujuan dari kelas ibu balita adalah meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku ibu dengan menggunakan Buku KIA dalam mewujudkan tumbuh kembang balita yang optimal.

Rincian Kegiatan:

1. Kegiatan kelas balita dibuka oleh moderator 

2. Pengisisan pre test oleh ibu-ibu peserta Kelas Balita

3. Moderator mengenalkan narasumber dan memberitahu materi yang akan disampaikan kepada peserta

4. Narasumber memberikan materi , adapun materi kelas 

5. Dilakukan diskusi dan tanya jawab setelah narasumber selesai memberikan materi kepada peserta

6. Pengisian post-test oleh ibu-ibu peserta kelas balita

7. Petugas kelas balita melakukan penilaian terhadap pre test dan post test para peserta kelas balita

8. Pemberian apresiasi kepada peserta kelas balita dengan nilai terbaik atau selisih nilai pre test dan post test tertinggi serta yang tercepat selesai mengerjakannya.

9. Kegiatan kelas balita ditutup oleh moderator